GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Rutin Lakukan Sosialisasi Bahaya Narkoba, KCD Wilayah IV Disdik Jabar Apresiasi Polres Subang

Kepala KCD Wilayah IV Disdik Kabar, Budi Hermawan. (Foto: Dok KCD Wilayah IV)

SIDIKJARI - Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah IV, Dinas Pendidikan Jawa Barat  memberikan apresiasi atas kinerja Polres Subang karena gencar melakukan sosialisasi pencegahan bahaya Narkoba, Melalui Satuan Reserse Narkoba ke tingkat SMA dan SMK di wilayah Kabupaten Subang. 

Kepala KCD Wilayah IV, Dinas Pendidikan Jawa Barat, Budi Hermawan menyebut pihaknya mengapresiasi langkah Polres Subang yang terus genca sosialisasi bahaya narkoba di kalangan pelajar. 

"Dengan sosialisasi yang menyasar sekolah-sekolah lainnya yang ada di Kabupaten Subang, harus terus didukung oleh semua pihak sehingga kegiatan seperti ini bisa berjalan sesuai yang diharapkan," ungkap Budi, pada Rabu 21 Agustus 2024.

Menurut Budi, pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda dimulai dari pengetahuan tentang bahaya narkoba. Pemberian pemahaman ini dilakukan agar mereka sebagai generasi penerus dapat terhindar dari bahaya narkoba. 

"Salah satu penyebab meningkatnya penyalahgunaan narkoba di lingkungan pelajar antara lain adalah kurangnya komunikasi, informasi dan edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya. Jadi kami juga mengibau Kepala SMK dan SMA untuk mengadakan sosialisasi bahaya narkoba yang berkolaborasi dengan pihak kepolisian," ungkap Budi. 

Ia menambahkan penanggulangan terhadap bahaya narkoba merupakan tanggung jawab bersama dari pemerintah, masyarakat maupun aparat penegak hukum. Setiap lapisan masyarakat mempunyai kewajiban untuk mampu deteksi awal akan bahaya narkoba.

“Harapannya siswa sejak dini sadar dan mengerti bahaya penyalahgunaan narkoba, untuk generasi penerus yang gemilang” ucap Budi. 

Terpisah, Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu melalui, Kasat Res Narkoba, AKP Heri Nurcahyo mengatakan, mengatakan berbagi upaya preventif terus dilakukan guna mencegah pelajar terjerumus kedalam peredaran narkoba, salah satunya dengan menggelar sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan sekolah. 

karena sebagaimana diketahui, lanjut Heri, bahwa pelajar tingkat SMP ataupun SMA termasuk kelompok potensial yang rawan terjadinya penyalahgunaan narkoba.

oleh karena itu, kata Dia, upaya sosialisasi dan penyuluhan bahaya narkoba sangat penting disampaikan kepada pelajar sebagai upaya mentransformasi pengetahuan akan bahaya narkoba dilingkungan pendidikan.

“Sebagimana arahan Bapak Kapolres Subang, dalam hal ini, pihak Satnarkoba Polres Subang akan terus melakukan sosialisasi kepada pelajar dan lain sebagainya, terhadap upaya-upaya penting yang perlu diambil dalam rangka mencegah bahaya narkoba ditingkat pelajar,” ujar Heri.


Komentar0

Type above and press Enter to search.