GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Desa Bungursari Menjadi Juara Pengelolaan BUMDES Terbaik se-Kecamatan Bungursari

Piagam Penghargaan Pengelolaan BUMDES Terbaik Se Kecamatan Bungursari

SIDIKJARI- Desa Bungursari, yang terletak di Kecamatan Bungursari,Kabupaten Purwakarta baru-baru ini meraih penghargaan sebagai juara dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terbaik se-kecamatan. 

Prestasi ini tidak hanya menunjukkan keberhasilan dalam pengelolaan BUMDes, tetapi juga menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam meningkatkan perekonomian lokal melalui inisiatif berbasis masyarakat.

BUMDes sebagai lembaga ekonomi yang dikelola oleh desa memiliki peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Di Desa Bungursari, keberhasilan ini berkat sinergi yang kuat antara pemerintah desa, masyarakat, dan pengelola BUMDes. Dalam beberapa tahun terakhir, desa ini telah melaksanakan berbagai program dan inovasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. 

Salah satu program unggulan yang diterapkan adalah pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mengedepankan produk lokal.

Kepala Desa Bungursari, Hj. Nur Elah, mengungkapkan bahwa penghargaan ini adalah hasil kolaborasi antara pemerintah desa, masyarakat, dan para pelaku usaha. 

"Kami selalu berupaya untuk memberdayakan masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi desa," ujarnya.
Salah satu inovasi yang menjadi kunci keberhasilan BUMDes di Bungursari adalah penerapan sistem digital dalam pengelolaan administrasi keuangan dan pemasaran produk. 

Dengan memanfaatkan teknologi, BUMDes Bungursari berhasil mempermudah akses masyarakat terhadap informasi dan produk, serta meningkatkan transparansi dalam pengelolaan dana.

"Hal ini tidak hanya menarik minat masyarakat untuk berpartisipasi, tetapi juga memberikan kepercayaan yang lebih besar terhadap pengelolaan BUMDes,"ungkapnya.

Hj. Nur menyebutkan, Produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh BUMDes, antara lain pengolahan sampah, sebagai distibutor UMKM yang ada di Purwakarta di pasarkan ke cafe- cafe, hotel dan oleh-oleh,

Selain itu juga sebagai Distibutor Matrial alam untuk proyek-proyek yang ada di bubgursari, PPOB juga bekerjasama dengan bank BJB, dan dua tenda kuliner di tempat wisata.

 "Kami percaya bahwa dengan produk berkualitas dan pemasaran yang tepat, kami bisa bersaing di pasar yang lebih besar," ujarnya.

Selain itu, BUMDes Bungursari juga aktif dalam menjalankan program sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya berorientasi pada keuntungan ekonomi, tetapi juga pada peningkatan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan,"ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Penghargaan sebagai juara pengelolaan BUMDes terbaik se-kecamatan bukanlah akhir dari perjalanan Desa Bungursari. 

Pihak desa berkomitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan yang ada. 

Selain meraih juara 1 pengelolaan BUMDES,Desa Bungursari juga tahun 2023 telah meraih penghargaan sebagai desa terbaik dan juara 1 pemutahiran data se Jawa Barat 

"Sebenarnyanya tahun 2023 banyak juga prestasi yang telah di dapat di antaranya desa terbaik se kab Purwakarta ,Juara 1 Pemutahiran data sajabar 
Se-provinsi Jawa barat,"katanya.

Ia juga berharap Desa Bungursari menjadi salah satu contoh nyata bahwa dengan pengelolaan yang baik, kolaborasi yang solid, dan pemanfaatan teknologi, BUMDes dapat berperan signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi desa. 

"Keberhasilan ini diharapkan dapat menginspirasi desa-desa lain di Kecamatan Bungursari dan daerah lainnya untuk lebih aktif dalam mengembangkan potensi yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan,"pungkasnya.

Komentar0

Type above and press Enter to search.