GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Komitmen Tingkatkan Pelayanan, PDAM Purwakarta Bentuk Forum Pelanggan

SIDIKJARI- Di tengah uzurnya sebagian besar infrastruktur penyediaan air bersih milih Perumda Gapura Tirta Rahayu (PDAM Purwakarta), BUMD ini terus berkomitmen untuk dua hal penting bagi keberadaannya.

Pertama, konsisten untuk terus memberikan sumbangsih PAD bagi pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta pada setiap tahunnya. Pada lima tahun terakhir ini telah pendapatan PDAM telah dibukukan sebagai PAD Purwakarta.

"Kami di jajaran PDAM Purwakarta meski dengan kondisi infrastruktur yang masih sangat banyak perlu perbaikan, akan terus berupaya memaksimalkan sebagian dari keuntungan untuk sumbangsih PAD kepada pemerintah daerah," Direktur Keuangan PDAM Purwakarta, Sartika Tirta Dewi belum lama ini.

Kedua, komitmen untuk membenahi dan meningkatkan pelayanan air bersih bagi masyarakat Purwakarta yang tercatat sebagai pelanggannya.

Komitmen ini dituangkan dalam Rencana Bisnis 2023-2028 dalam misi perusahaan memberikan pelayanan prima. Untuk mencapai tujuan tersebut, diterapkan melalui SOP Tingkat Mutu Pelayanan bagi pelanggan.

"Poin penting dalam regulasi internal yang mengatur mutu pelayanan tersebut adalah, pengaduan dikelola secara online, dan ada pembatasan waktu untuk mengatur kecepatan penanganan aduan dari pelanggan," ujar M. Zaenal arifin, Kepala Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Purwakarta, Jumat (19/7).
Sosialisasi Penyesuaian Tarif PDAM

Tentunya, untuk menunjang kinerja PDAM Purwakarta lebih baik, salah satunya yaitu meningkatkan pelayanan bagi pelanggan air bersih PDAM Purwakarta, pemerintah perlu melakukan penyesuaian tarif.

Penyesuaian tarif air bersih yang dilakukan PDAM Purwakarta ini merujuk pada Keputusan Gubernur Nomor 610/kep.374-rek/2023.

Lalu, faktor lainnya kenapa diperlukan penyesuaian tarif adalah agar PDAM Purwakarta memiliki kemampuan keuangan yang memadai untuk melakukan pemeliharan instalasi pengolahan air dan  jaringan perpipaan air bersih.

"Dalam rangka tahapan menuju penyesuaian tarif tersebut, kami PDAM Purwakarta sudah melakukan sosialisasi di beberapa tempat, termasuk di seluruh cabang kantor PDAM dan di Kecamatan Purwakarta kota," kata Zaenal.

Lalu, dalam upaya memperbaiki komunikasi pelayanan, PDAM Purwakarta juga berkomitmen meningkatkan telah membentuk Forum Pelanggan PDAM. Forum ini nantinya yang akan menjadi jembatan antara perusahaan dan Pelanggan dalam hal pelayanan air bersih.

Dengan demikian, melalui penyesuaian tarif air bersih di bulan Agustus 2024 ini, PDAM Purwakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dalam hal Kualitas Kuantitas dan kontinuitas air bersih yang dialirkan kepada pelanggan untuk lebih baik lagi.



Komentar0

Type above and press Enter to search.