GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Pembangunan DD Desa Legoksari Kembali Rusak, Anggaran Perbaikan di Pertanyakan

PURWAKARTA,sidikjari.net,-Pembangunan di desa Legoksari Kecamatan Darangdan yang bersumber dari Anggaran Dana Desa (DD) 2018-2019 diduga dikerjakan asal jadi.

Pantauan di lapangan ada beberapa titik lokasi pembangunan yang bersumber dari Dana Desa mengalami rusak kembali.

Menurut informasi yang beredar menyebutkan, setiap turun anggaran yang di kucurkan oleh pemerintah pusat,maupun Provinsi dialokasikan untuk membangun pembangunan yang sudah ada sebelumnya.

Saat perbaikan pun pihak aparat desa berdalih perbaikan pembangunan di desa legoksari anggaran dari hasil swadaya atau kocek pribadi kepala desa.

Sementara itu, Sekretaris Desa Legoksari Cecep Puja mengatakan, kerusakan terjadi karena faktor alam, dan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah desa, pembangunan akan di perbaiki seperti, drainase yang kurang rapih karena habis di aci malamnya kena hujan, dan tempat parkir motor di lokasi pemakaman umum.

"anggaran perbaikan dana nya dari kantong pribadi kepala desa," ucapnya.
Saat dimintai komentarnya, Ketua DPC Projo Purwakarta, Asep Burhana menegaskan, kepala desa selaku penanggungjawab pengelola anggaran, agar dapat dibangun sesuai dengan RAB, serta sesuai dengan pengajuan yang telah disepakati di pemerintah desa.

Sebab apapun bentuk program pembangunan itu semua kegunaannya untuk masyarakat dan kembali ke masyarakat sebagai penerima manfaat.

“Jangan pakai jurus aji mumpung dan program Dana Desa dan lainnya yang di kucurkan oleh pemerintah jangan di gunakan sebagai senjata untuk membodohi masyarakat dan jangan sampai program tersebut menjadi ajang untuk memperkaya diri sendiri,” tegasnya.

Kita lihat, jika ditemukan anggaran perbaikan menggunakan Dana Desa 2020, itu sudah menyalahi aturan.

Karena pemerintah mengucurkan dana desa tahap 1 tahun 2020 diprioritaskan untuk bantuan langsung tunai bukan untuk infrastuktur.

"jangan main-main dengan anggaran Dana Desa," tegasnya.

Komentar0

Type above and press Enter to search.