GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Dinas Pertanian Akan Gelar Kembali Festival Manggis

PURWAKARTA,- Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta memastikan bahwa festival manggis akan kembali digelar.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Agus Rachlan Suherlan mengakatan, festival manggis direncanakan digelar awal Maret 2020 nanti di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Garokgek Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes.

Di BPP kami memiliki perkebunan pohon manggis sekitar 5 hektare, mudah-mudahan pada pelaksanaannya nanti animo masyarakat cukup tinggi," ungkap dia, Selasa (28/1/2020).

Dia menjelaskan, kondisi manggis saat ini sudah mulai berbuah dan diprediksi dapat dipanen sekitar Maret atau awal Mei. Sehubungan dengan rencana festival, pihaknya pun berharap pada Maret nanti, manggis dalam kondisi panen raya.

Manggis itu kan buah unggulan Jawa Barat, yang harus kita pertahankan, salah satunya melalui festival ini," ujar Agus.

Agus mengatakan untuk bisa memastikan kondisi manggis saat ini, pihaknya perlu memerhatikan sejumlah hal. Misalnya pada musim kemarau dengan pasokan airnya yang berkurang, hal itu berdampak terhadap kualitas manggis, seperti munculnya getah kuning. Sebaliknya, di musim penghujan sekarang, prediksi panen berkualitas diharapkan terjadi.

"Antisipasinya kita lakukan, dan sekarang kan masuk musim penghujan, jadi diharapkan buah manggis dalam kondisi baik ujar dia. (saepul)

Komentar0

Type above and press Enter to search.